Kamis, 16 April 2009

Flu singapura

Saat ini para orang tua sangat khawatir terhadap berita mengenai virus flu singapura yang menyerang pada usia balita dan anak-anak, virus flu ini pertama kali menyerang banyak anak2 di singapura pada dekade tahun 60an, sehingga virus flu ini disebut flu singapura. Pemajanan flu singapura dapat menimbulkan kecemasan pada orang tua dikarenakan penularannya terhadap anak2 dan teman bermainnya.

Efek pemajanan flu singapura terjadi dalam waktu singkat (akut), dapat dikenali pertama-tama oleh gejalanya klinisnya yang khas, demam tinggi disertai dengan pilek atau batuk, yang kadang disertai dengan gejala sariawan di sekitar mulut yang menyebabkan anak2 kesulitan dalam mengkonsumsi makanan, pusing, gejala-gejala iritasi pada kulit, seperti becak merah pada ujung kaki dan telapak tangan, lemah dan lesu.

Penatalaksanaan terhadap penderita hanya bersifat simptomatik, karena sifatnya yang berbentuk virus, asupan gizi yang baik dapat membantu perbaikan keadaan penderita.

Hanya riwayat yang jelas dan prosedur investigasi yang memadai bagi seorang dokter agar mampu menyingkirkan atau mengkonfirmasi adanya kaitan antara tanda klinis dengan pajanan flu singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar