Jumat, 10 April 2009

Infetilitas Pria Akibat Kerja

Sejalan dengan makin majunya peradaban manusia, maka semakin maju pula teknologi di dalam kehidupan manusia. Sejalan dengan kedua hal di atas maka berkembang juga penggunaan bahan-bahan baku untuk menunjang teknologi tersebut, yang tanpa disadari dapat berpengaruh pada status kesehatan manusia.

Perubahan akan disadari manusia bila secara kasat mata dapat dilihat atau dirasakan langsung baik oleh si penderita maupun oleh orang lain. Berbeda masalahnya bila kelainan yang terjadi baru dirasakan atau terlihat dalam tempo waktu yang lama. Hal ini terjadi pada pajanan terhadap sistem reproduksi, yang dapat membuat ketidaksuburan (infertil), yang baru menjadi masalah setelah berlangsung sekian lama.

Infertilitas akibat kerja adalah ketidakmampuan sepasang suami istri (pasutri) untuk mendapatkan keturunan setelah satu tahun menikah dengan hubungan seks yang normal dan tanpa alat kontrasepsi apapun atau enam bulan menikah bila usia istri sudah di atas 35 tahun.

Dari sebuah penelitian di Amerika Serikat pada tahun 1995 (National Survey on Family Growth), kurang lebih 7,1% dari pasangan suami istri yang didata ternyata memenuhi batasan infertilitas di atas. Dari jumlah tersebut di atas, 40% kasus disebabkan karena gangguan infertil pada pria, 40% yang lain disebabkan gangguan pada wanita, sekitar 10% kasus kelainan mengenai kedua pasangan, sedang sisanya tidak diketahui penyebabnya.

Infertilitas menjangkiti satu dari 25 laki-laki di Amerika Serikat. Lebih dari 90% kasus dikarenakan rendahnya jumlah sperma, rendahnya kualitas sperma atau keduanya.

Dengan mengetahui jenis-jenis pajanan di lingkungan kerja, maka akan lebih mudah dalam menegakan diagnosis dan yang jauh lebih penting adalah agar dapat lebih mewaspadai risiko yang mungkin timbul.

1 komentar:

  1. Microtouch Titanium trim - titanium trim | TITanium Technologies
    A detailed titanium bikes schematic of cost of titanium the structure of the microtouch titanium trim. titanium nitride bolt carrier group The titanium hair clipper construction gr5 titanium of the structure includes the entire structure and $44.99 · ‎In stock

    BalasHapus